Kesulitan Bernapas

Beberapa orang dengan penyakit Parkinson (PD) mungkin mengalami sesak napas. Tidak ada penyebab jelas disfungsi pernapasan pada PD, frekuensinya atau efek obat terhadap respirasi. Beberapa alasan sesak napas pada PD meliputi:

  • “Wearing off” adalah pengalaman umum di antara orang-orang dengan PD yang telah mengambil levodopa selama beberapa tahun. Ini terjadi ketika manfaat obat habis dan gejala PD (termasuk sesak napas) kembali sebelum dosis berikutnya.
  • Diskinesia pernapasan mengacu pada terjadinya pernapasan tidak teratur dan cepat ketika obat levodopa mencapai efek puncaknya. Ini mungkin disertai dengan gerakan tubuh yang tidak disengaja, biasanya dialami sebagai diskinesia.
  • Kecemasan adalah gejala umum dari PD yang juga dapat memperburuk sesak napas, baik dengan sendirinya atau sebagai akibat dari kehabisan obat.
  • Radang paru aspirasi adalah radang paru-paru yang berkembang setelah makanan atau cairan “turun pipa yang salah.” Advanced PD dapat meningkatkan risiko kesulitan menelan, tersedak dan pneumonia aspirasi.
  • Masalah kesehatan non-PD termasuk kondisi seperti asma, alergi, penyakit paru-paru, penyakit jantung dan kondisi lain yang dapat menyebabkan sesak napas.
Previous Depresi
Next Khawatir
Table of Contents